Cuaca Ekstrem, Manager PLN Imbau Masyarakat Tidak Fungsikan Alat Listrik Dalam Keadaan Basah

Dibaca 91 kali Reporter : Yurgo Purab verified

 

FaktahukumNTT.com, Flores Timur

Hujan deras dan angin kencang yang melanda kabupaten Flores Timur belakangan ini, menyebabkan sejumlah pohon tumbang. Akibat tumbangnya pohon berdampak pada jaringan listrik.

Informasi yang diterima oleh pelanggan PLN, bahwa akan diadakan pembersihan jaringan listrik pada hari sabtu, 30 Januari 2021 lalu. Pembersihan tersebut dimulai dari jam 09.00 sampai jam 13.00.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan mutu penyaluran tenaga listrik maka pihak PLN akan melaksanakan pekerjaan gardu sisip dan pengoperasian control room baru. Dengan demikian, seluruh pekerjaan akan dilakukan dalam keadaan offline.
Lokasi pemeliharaan terjadi  di PLTD Waibalun.

Walaupun di dalam Surat dinyatakan pembersihan jaringan dari jam 9.00-13.00 namun
hingga pukul 17.30 lampu belum juga menyala.

Baca Juga :  Dandim 1624/Flotim Siap Untuk Divaksin

Agung Ngurah Maha Adi Surya, Manager PT. PLN (Persero) ULP Larantuka, ketika dimintai keterangan mengatakan bahwa keterlambatan tersebut karena ada pemindahan sistem secara menyeluruh. Selain itu ada pohon tumbang tepat dipembangkitan listrik.

“Mohon maaf atas keterlambatannya.
Kami pekerjaan hari ini ada pemindahan sistem secara menyeluruh.
juga karena diluar perencanaan. Ada pohon tumbang tepat di pembangkitan kami. Karena cuaca juga hujan angin, maka kami mengutamakan keselamatan pekerja yang bekerja di atas tiang,” jelas manager PLN via WhatsApp.

Baca Juga :  Dandim 1624/Flotim Siap Untuk Divaksin

Sedangkan tanggal 1 Februari 2021, Manager PLN berkabar lebih jauh, bahwa ada kerusakan material yang dialami oleh PLN.

“Secara keseluruhan kita ada kejadian Pohon tumbang mengenai jaringan tegangan menengah PLN yg mengkibatkan terhentinya penyaluran listrik. kerusakan material jaringan tegangan menengah.
beberapa lokasi tumbang : Waibalun, Waitiu 2 kali, arah Nobo, Wemana, Welo dan Lamanabi”, jelas manager PLN

Ia berharap kepada seluruh masyarakat agar tidak memfungsikan alat -alat dalam keadaan basah.

“Masyarakat diimbau tetap menjaga keselamatan dalam cuaca ekstrem. khususnya keselamatan kelistrikan, tidak memfungsikan alat2 listrik dalam kondisi basah. Jika ada gangguan di Rumah, bsa melapor ke PLN (kode area) 123 atau menggunakan aplikasi PLN Mobile,” jelasnya.

Baca Juga :  Dandim 1624/Flotim Siap Untuk Divaksin
Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment